Skip to main content

Hamburg U-Bahn Daftar isi Sejarah | Pengembangan jaringan | Pengembangan masa depan | Ulasan jaringan | Stasiun | Perusahaan operator | Informasi layanan | Kereta penggerak | Lihat juga | Catatan | Referensi | Pranala luar | Menu navigasi"Die HOCHBAHN auf einen Blick""Wegen Linientausch: U-Bahnen fahren nicht"Hamburger Hochbahn official websiteDie Geschichte der Hamburger HochbahnCurrent and historical Plans for the U4

Kutipan web dalam bahasa GermanHamburg U-BahnAngkutan cepat di Jerman


angkutan cepatHamburgNorderstedtAhrensburgsistem S-Bahn di kotaHamburger HochbahnHamburger VerkehrsverbundSenat HamburgSiemens & HalskeAEGEimsbüttelOhlsdorfRothenburgsortDT3DT4Pengeboman RAF terhadap HamburgMeßbergBillstedtBerliner TorHorner RennbahnBinnenalsterAlsternordbahnHafenCity Universitätkelelawarhabitat rumput keringAltonaJungfernstiegstasiun kereta api Hamburg-AltonaA 7HafenCity UniversitätHafenCityTerowongan ElbeHamburg Hauptbahnhofjalur kereta utamaJungfernstiegAltonaLurupNorderstedt Mitte










(function()var node=document.getElementById("mw-dismissablenotice-anonplace");if(node)node.outerHTML="u003Cdiv class="mw-dismissable-notice"u003Eu003Cdiv class="mw-dismissable-notice-close"u003E[u003Ca tabindex="0" role="button"u003Etutupu003C/au003E]u003C/divu003Eu003Cdiv class="mw-dismissable-notice-body"u003Eu003Cdiv id="localNotice" lang="id" dir="ltr"u003Eu003C/divu003Eu003C/divu003Eu003C/divu003E";());




Hamburg U-Bahn




Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas








Loncat ke navigasi
Loncat ke pencarian
































Hamburg U-Bahn

U-Bahn.svg
Stasiun Universitas Hafencity

U-Bahnhof HafenCity Universität Bahnsteig 2.jpg
Info
PemilikHamburger Hochbahn AG,
Verkehrsgesellschaft Norderstedt: (Norderstedt Mitte – Garstedt)
Wilayah
Hamburg, Norderstedt, Ahrensburg, Großhansdorf
JenisAngkutan cepat
Jumlah jalur4[1]
Jumlah stasiun91[1]
Penumpang harian546,020 (2011)[2]
Operasi
Dimulai15 Februari 1912
OperatorHamburger Hochbahn AG
Jumlah gerbong749[1](Note 1)
Panjang kereta~120 meter (390 ft)
Waktu antara5 menit (jam sibuk 3 menit)
Teknis
Panjang sistem104,7 km (65,1 mi)
Lebar sepur
1.435 mm (4 ft 8 12 in)
(standard gauge)
ListrikRel ketiga
Kecepatan tertinggi80 km/h (50 mph)


Stasiun Überseequartier




Stasiun Klosterstern




Stasiun Hauptbahnhof Nord




Stasiun Steinstrasse




Jaringan Hamburg U-Bahn dengan bagian terowongan


Hamburg U-Bahn adalah sebuah sistem angkutan cepat yang melayani kota Hamburg, Norderstedt dan Ahrensburg di Jerman. Meskipun secara teknis berada di bawah tanah, sebagian besar dari jalur kereta berada di permukaan tanah. Jaringan ini saling berkaitan dengan sistem S-Bahn di kota, yang juga memiliki bagian di bawah tanah. Sistem ini dioperasikan oleh Hamburger Hochbahn di bawah Hamburger Verkehrsverbund (HVV). Sistem ini beroperasi pada February 1912 dan terdiri dari empat jalur dengan panjang total 105 km (65 mi) pada tahun 2012.




Daftar isi





  • 1 Sejarah


  • 2 Pengembangan jaringan


  • 3 Pengembangan masa depan

    • 3.1 Proyek yang ditinggalkan


    • 3.2 Proyek dalam pengembangan



  • 4 Ulasan jaringan

    • 4.1 Proyek U4



  • 5 Stasiun

    • 5.1 Stasiun U-Bahn di Hamburg Hauptbahnhof



  • 6 Perusahaan operator


  • 7 Informasi layanan


  • 8 Kereta penggerak

    • 8.1 Saat ini


    • 8.2 Sebelumnya



  • 9 Lihat juga


  • 10 Catatan


  • 11 Referensi


  • 12 Pranala luar




Sejarah |


Pada tahun 1906 Senat Hamburg memberikan kontrak untuk pembangunan Jalur Kereta Permukaan dan Bawah Tanah kepada Siemens & Halske dan AEG dari Berlin. Jalur pertama diselesaikan pada 7 Oktober 1906.
Hal ini dilanjutkan pada tahun 1911 dengan pendirian dari Hamburger Hochbahn Aktiengesellschaft (HHA). Hal ini membuat Hamburg menjadi kota ketiga Jerman (setelah Berlin, 1902 dan Schöneberg, 1910) yang memiliki jalur kereta bawah tanah (kemudian dikenal sebagai Jalur Kereta Tinggi dan Bawah Tanah (Hoch- und Untergrundbahn) dan umumnya berada di atas tanah maupun di terowongan – tidak banyak yang sejajar dengan tanah).


Pembangunan jalur kereta seperti ini telah lama dibicarakan, namun sebuah kereta di atas permukaan juga dipertimbangkan. Pada tahun 1906 sebuah rute lenigkar dimulai, menghubungkan Hamburg Hauptbahnhof – Berliner Tor – Barmbek (pengucapan awal: Barmbeck) – Kellinghusenstraße – Schlump – Landungsbrücken (nama awal: Hafentor) – Rathaus – Hauptbahnhof dengan percabangan menuju permukiman Eimsbüttel, Ohlsdorf dan Rothenburgsort. Pada 15 Februari 1912 jalur pertama dari Ringbahn (Jalur rel lingkar) masa depan antara stasiun Rathaus dan Barmbek diresmikan. Jalur ini meliputi juga bagian permukaan tanah dan bawah tanah.



Pengembangan jaringan |


Pada tahun 1915, Ringbahn dan tiga percabangannya, dari Kellinghusenstraße menuju Ohlsdorf, dari Schlump menuju Hellkamp (sekarang: stasiun tak terpakai antara Oster- dan Lutterothstraße) dan dari stasiun pusat menuju Rothenburgsort diselesaikan. Pada tahun 1934 perpanjangan dari Ohlsdorf menuju Ochsenzoll (Langenhorner Bahn), dari Kellinghusenstraße menuju Jungfernstieg (jalur KellJung), dan Walddörferbahn (jalur Forestvillages) dari Barmbek menuju Großhansdorf dan Ohlstedt telah selesai.


Pada tahun 1943, pada saat Perang Dunia II jalur bawah tanah mengalami kerusakan parah karena 'Operasi Gomorah,' Pengeboman RAF terhadap Hamburg saat musim panas. Jalur dari Hauptbahnhof menuju Rothenburgsort tidak diperbaiki karena distrik yang dilalui oleh jalur tersebut sepenuhnya hancur. Lima tahun kemudian barulah seluruh jalur dapat tersambung kembali.


Penambahan jaringan mulai dilakukan, dimulai pada tahun 1960. Jalur KellJung diperpanjang melalui Meßberg menuju stasiun pusat (Hauptbahnhof). Kemudian pada tahun 1962 perpanjangan mencapai Wandsbek Markt dan pada tahun 1963 Wandsbek-Gartenstadt. Total panjang jaringan pada saat tersebut adalah 67,9 kilometer (42 mi).


Pembangunan sebuah Durchmesserstrecke (rute garis tengah (diameter)) dimulai pada tahun 1963. Rencananya adalah untuk menghubungkan Billstedt dengan Stellingen. Percabangan Eimsbüttel membentuk bagian barat dari jalur tersebut. Percabangan diperpanjang hingga Hagenbecks Tierpark pada tahun 1966. Terminus yang sudah ada di Hellkamp dihilangkan dari layanan dan sebuah stasiun baru dibangun di Lutterothstraße lebih jauh di barat laut.


Penghubung antara Berliner Tor dan Horner Rennbahn dibuka pada tahun 1967. Pada tahun yang sama percabangan timur ini diperpanjang hingga Legienstraße. Perpanjangan lebih lanjut dipakukan pada tahun 1969 menuju Billstedt dan pada tahun 1970 menuju Merkenstraße. Perpanjangan Ochsenzoll – Garstedt mulai aktif digunakan pada bulan Mei 1969. Dengan ini, total panjang jaringan menjadi 88,5 km (55 mi).


Sebuah jalur inti baru U2, antara Schlump dan Berliner Tor, menjadi sebuah penghubung langsung yang melewati pusat kota. Jalur berikutnya yang diaktifkan adalah bagian dari Hauptbahnhof Nord menuju Berliner Tor pada tahun 1968, dan dari Schlump (low) menuju Gänsemarkt pada tahun 1970, dan kemudian pada bagian terakhir, dengan dua platform baru di stasiun Jungfernstieg di bawah Binnenalster, pada tahun 1973. Stasiun ini, sama dengan Hauptbahnhof Nord, dikembangkan sebagai bagian dari jalur U4 yang telah direncanakan pada saat itu.


Pada tahun 1985 bagian menuju Hagenbecks Tierpark diperpanjang menuju Niendorf Markt dan kemudian pada tahun 1991 hingga sejauh Niendorf Nord. Pada tahun 1990 jalur perpanjangan Merkenstraße – Mümmelmannsberg dibuka. Perpanjangan jalur terbaru dibuka pada tahun 1996 antara Garstedt dan Norderstedt Mitte, yang menggantikan bagian selatan dari Alsternordbahn. Dengan hal tersebut, jaringan telah mencapai stastus saat ini.


Pada tahun 2005 Hamburg U-Bahn memiliki panjang 100,7 kilometer (63 mi), di mana sepanjang 40 km (25 mi) berada di bawah tanah. Jaringan ini memiliki 89 stasiun.


Pada tahun 2009, U3, yang dimulai di Barmbek, berjalan melengkapi jalur lingkar, dan mengambil alih jalur antara Berliner Tor dan Barmbek, yang sebelumnya dilayani oleh U2. Dalam usaha untuk merealisasikan layanan bebas masalah, sebuah perancangan ulang jalur terhadap tampilan jalur di menuju barat dari Berliner Tor dianggap penting. Sebuah rencana awal akan adanya jalur layang di antara dua jalur dapat direalisasikan, yang sebelumnya ditinggalkan karena biaya. Kereta yang datang dari pusat kota meninggalkan jalur lingkar di Barmbek dan berlanjut melalui jalur layang yang berada di akhir stasiun. Satu cabang akan membawa kereta melewati Walddörferbahn menuju Wandsbek-Gartenstadt, sebuah jalur yang sebelumnya melayani jalur U2.[3]


Pada tahun 2012, U4 memulai operasi antara Billstedt dan HafenCity Universität.



Pengembangan masa depan |



Proyek yang ditinggalkan |


Percabangan timur dari "Walddörferbahn" pada awalnya direncanakan untuk berakhir di stasiun Beimoor, tepat di sebelah utara dari Großhansdorf, dalam usaha untuk menghubungkan sebuah rencana pengembangan perumahan dengan sistem transportasi umum. Pada saat pengerjaan dihentikan, platform stasiun telah selesai dan jalur talah diletakkan. Saat ini, sisa dari stasiun digunakan sebagai sarang musim dingin bagi kelelawar di tengan sebuah habitat rumput kering.


Rencana untuk sebuah jalur kedua telah didiskusikan sejak tahun 1970an. Pada waktu tersebut jalur direncanakan untuk berawal dari City Nord dan Uhlenhorst melalui pusat kota dan Altona menuju Lurup dan Osdorfer Born. Dalam usaha untuk menghubungkan pengambangan perumahan di Osdorfer Born menuju seluruh kota secepat mungkin, sebuah layanan terbatas menuju perpanjangan antara Altona dan Osdorfer Born direncanakan. Hingga penghubung dengan seluruh jaringan siap, jalur ini direncanakan untuk membawa kereta dengan gerbong datar untuk perawatan di depo perawatan di Barmbek. Platform dan landasan rel bagi jalur ini telah selesai di stasiun Hauptbahnhof Nord dan Jungfernstieg. Persiapan untuk pembangunan terowongan dilakukan di wilayah stasiun kereta api Hamburg-Altona dan di bawah jalan raya A 7 di Bahrenfeld.
Sebagai persiapan untuk persimpangan dengan U1, sebuah platform tambahan dibangun di stasiun Sengelmannstraße. Semua bangunan tersebut tetap tidak terpakai hingga saat ini. Kelebihan wilayah platform di Hauptbahnhof Nord saat ini digunakan untuk isntalasi seni Sterne oleh Raimund Kummer dan Stefan Huber. DI sana terdapat beberapa bintang beton yang tersebur di seluruh platform seperti telah jatuh dari langit.





Proyek dalam pengembangan |


Proyek yang lain dipresentasikan pada tahun 2002. Sebuah jalur baru bernama U4 antara Billstedt dan HafenCity Universität. Jalur ini dimulai pada bulan November 2012 dan menghubungkan HafenCity (2 stasiun) dengan pusat kota. Jalur ini bertemu dengan U2 di Jungfernstieg dan bersama mereka akan berlanjut melalui Hauptbahnhof dan Berliner Tor ke dalam jalur Billstedt, besama dengan U2 yang saat ini berjalan. Percabangan ini akan menuju sebuah jalur baru menuju Steilshoop dan Bramfeld (sekitar empat stasiun). Rencana lebih detail dimulai pada tahun 2003. Jalur ini diperluas ke selatan menuju Elbbrücken.



Ulasan jaringan |


Hamburger Hochbahn plc memiliki empat jalur U-Bahn:































Jalur
Rute
Pertama
dibuka
Panjang
km
Stasiun

U1
Norderstedt Mitte – Hauptbahnhof Süd – Ohlstedt / Grosshansdorf
1914
55,8 km
46

U2
Niendorf Nord – Jungfernstieg – Mümmelmannsberg
1913
24,3 km
25

U3
Barmbek – Circle – Barmbek – Wandsbek-Gartenstadt
1912
20,6 km
25

U4
HafenCity Universität – Jungfernstieg – Billstedt
2012
12,2 km
11

Total

104,7 km
91






























Jalur
Rute dari
utara / Barat
ke Selatan / Timur
Perhentian
(Stasiun Terminal dicetak tebal)
U1

Langenhorner Bahn

Norderstedt Mitte – Richtweg – GarstedtOchsenzoll – Kiwittsmoor – Langenhorn Nord – Langenhorn Markt – Fuhlsbüttel Nord – Fuhlsbüttel – Klein Borstel – Ohlsdorf (S1, S11)

cabang Ohlsdorf

Ohlsdorf – Sengelmannstraße – Alsterdorf – Lattenkamp – Hudtwalckerstraße – Kellinghusenstraße (U3)

KellJung-Linie

Kellinghusenstraße – Klosterstern – Hallerstraße – StephansplatzJungfernstieg (U2, U4, S1, S2, S3, Feri Alster)

Meßberglinie

Jungfernstieg – Meßberg – Steinstraße – Hauptbahnhof Süd (U2, U3, U4, S1, S11, S2, S21, S3, S31)

perpanjangan Wandsbek

Hauptbahnhof Süd – Lohmühlenstraße – Lübecker Straße (U3)Wartenau – Ritterstraße – Wandsbeker Chaussee (S1, S11)Wandsbek Markt – Straßburger Straße – Alter Teichweg – Wandsbek-Gartenstadt (U3)

Walddörferbahn

Wandsbek-Gartenstadt – Trabrennbahn – Farmsen – Berne – Meiendorfer Weg – Volksdorf

Volksdorf – Buckhorn – Hoisbüttel – Ohlstedt

Volksdorf – Buchenkamp – Ahrensburg West – Ahrensburg Ost – Schmalenbeck – Kiekut – Großhansdorf
--- |
U2

Perpanjangan Niendorf

Niendorf Nord – Schippelsweg – Joachim-Mähl-Straße – Niendorf Markt – Hagendeel – Hagenbecks Tierpark

cabang Eimsbüttel

Hagenbecks Tierpark – Lutterothstraße – Osterstraße – Emilienstraße – Christuskirche – Schlump (U3)

rute Diameter

Schlump – Messehallen – Gänsemarkt – Jungfernstieg (U1, U4, S1, S2, S3, Feri Alster) – Hauptbahnhof Nord (U1, U3, U4, S1, S11, S2, S21, S3, S31)Berliner Tor (U3, U4, S1, S11, S2, S21)

Cabang Billstedt

Berliner Tor – Burgstraße – Hammer Kirche – Rauhes Haus – Horner Rennbahn – Legienstraße – Billstedt – Merkenstraße – Steinfurther Allee – Mümmelmannsberg
--- |
U3

Ring
(Jalur lingkar)


Barmbek (U3, S1, S11)Saarlandstraße – Borgweg – Sierichstraße – Kellinghusenstraße (U1) – Eppendorfer Baum – Hoheluftbrücke – Schlump (U2) – Sternschanze (S11, S21, S31) – Feldstraße – St. Pauli – Landungsbrücken (S1, S2, S3, Feri Elbe) – Baumwall – Rödingsmarkt – Rathaus (Jungfernstieg: U1, U2, U4, S1, S2, S3) – Mönckebergstraße – Hauptbahnhof Süd (U1, U2, U4, S1, S11, S2, S21, S3, S31)Berliner Tor (U2, U4, S1, S11, S2, S21)Lübecker Straße (U1) – Uhlandstraße – Mundsburg – Hamburger Straße – Dehnhaide – Barmbek (U3, S1, S11)

Walddörferbahn

Barmbek – Habichtstraße – Wandsbek-Gartenstadt (U1)




Jalur
Perhentian
(Stasiun terminal dicetak tebal)
U4

HafenCity Universität – Überseequartier – Jungfernstieg (U1, U2, S1, S2, S3)

Jungfernstieg – Hauptbahnhof Nord (U1, U2, U3, S1, S11, S2, S21, S3, S31)

Hauptbahnhof Nord – Berliner Tor (U2, U3, S1, S11, S2, S21) – Burgstraße – Hammer Kirche – Rauhes Haus – Horner Rennbahn – Legienstraße – Billstedt

Jalur bernama U1 dan U2 diperkenalkan bersamaan dengan perubahan jadwal pada 22 Mei 1966, nama U3 mengikuti pada 2 Januari 1967. Hingga penyelesaian rute langsung menuju dalam kota, U2 masa depan, pada 3 Juni 1973, layanan sebagian dibuka pada bagian timur (Hauptbahnhof Nord − Berliner Tor (− Barmbek) sejak 29 September 1968) dan bagian barat (Schlump − Gänsemarkt sejak 31 Mei 1970) yang telah selesai yang dikenal dengan nama U21 dan U22.



Proyek U4 |


Hamburger Hochbahn membuka jalur baru U4 pada November 2012. Saat ini masih terjadi pembicaraan mengenai biaya dan keuntungan dari jalur ini, namun pemerintah Hamburg segera memutuskan untuk membangun jalur tersebut. Jalur bawah tanah dibangun dengan menggunakan mesin yang sama yang digunakan untuk membangun teroongan baru yang dinamai Terowongan Elbe.[4]



Stasiun |




Stasiun U-Bahn di Hamburg Hauptbahnhof |


Hamburg Hauptbahnhof adalah persimpangan pusat dengan jalur kereta utama, dan, karena hubungannya dengan semua jalur U-Bahn dan S-Bahn, sebuah tempat pertukaran kendaraan untuk transportasi umum ke wilayah pinggiran.


Terowongan untuk kereta bawah tanah pertama dibangun pada saat yang sama dengan Hauptbahnhof sendiri. Terowongan berjalan di bawah jalur utama, yang keduanya berada di bawah jalan raya. Perhentian U3 saat ini di stasiun, untuk lebih bisa dibedakan, sekarang diberi nama Hauptbahnhof Süd. Terdapat juga terowongan bawah tanah pertama bagi pejalan kaki yang paralel dengan terowongan jalur lingkar, dimana, hingga penutupannya pada tahun 1991, memungkinkan sebuah hubungan singkat dengan platform jalur utama.


Lebar yang tidak umum pada rongga terowongan stasiun karena sebelumnya direncanakan untuk ditempati oleh empat jalur; Percabangan Rothenburgsort, yang hancur akibat Perang Dunia II dan tidak pernah dibangun kembali, direncanakan untuk dibangun di sana. Terowongan untuk U1 berjalan di bagian bawah kereta api utama tepat di sebelah terowongan U3 pada tahun 1959. Platform bagi U1 berada di sebelah selatan dari U3 dan dapat diakses dari pintu masuk stasiun yang sama.


Pembukaan dari jalur U2 (U21 pada tahun 1969) membuat harus dibangun stasiun bawah tanah yang lain Hauptbahnhof Nord untuk melayaninya. Stasiun ini berada di kedalaman 30 meter (98 ft) di bawah tanah; mengarah menuju Jungfernstieg, terowongan melewati bagian bawah dari Aussenalster, sebuah danau buatan. Dua platform terluar masih belum terpakai sejak pembangunannya dan awalnya direncanakan untuk digunakan jalur U-Bahn yang direncanakan antara Altona/Lurup dan Winterhude/City Nord.



Perusahaan operator |



Sistem ini dimiliki dan dioperasikan oleh Hamburger Hochbahn (HHA), kecuali bagian Garstedt – Norderstedt Mitte, yang dimiliki oleh Verkehrsgesellschaft Norderstedt (VGN) namun juga dioperasikan oleh Hamburger Hochbahn.



Informasi layanan |


Layanan beroperasi dengan frekuensi 5 atau 10 menit dengan pengecualian percabangan timur laut dari U1 yang memiliki frekuensi 10 atau 20 menit. Sejak perubahan jadwal pada Desember 2004 U-Bahn mengoperasikan perjalanan sepanjang malam, dengan interval 20-menit pada Jumat dan Sabtu malam. Pada hari minggu hingga Kamis U-Bahn beroperasi sejak pukul 4 pagi hingga 1 dini hari.



Kereta penggerak |



Saat ini |



  • HHA Type DT3 (sejak 1968), beberapa kereta masih beroperasi


  • HHA Type DT3-E (sejak 1968, unit yang diremajakan sejak tahun 1994)


  • HHA Type DT4 (sejak 1988)


  • HHA Type DT5 (sejak 2012)


Sebelumnya |



  • HHA Type A/B/T/TU1/TU2 (Type T sejak akhir tahun 1950an) (dari 1912 hingga 1970)


  • HHA Type DT1 (dari 1958 hingga 1991)


  • HHA Type DT2 (dari 1962 hingga 2012)


  • HHA Type DT3 (unit yang tidak diremajakan) (dari 1968 hingga 2003)


Lihat juga |


  • Hamburg S-Bahn

  • AKN railways plc


Catatan |


  1. Jumlah kendaraan tanpa kereta perawatan.


Referensi |




  1. ^ abc"Die HOCHBAHN auf einen Blick" (dalam bahasa German). Hamburger Hochbahn. As of 2012.  Periksa nilai tanggal di: |date= (bantuan)Pemeliharaan CS1: Bahasa yang tidak diketahui (link)


  2. ^ http://www.hochbahn.de/wps/wcm/connect/35dd5f804c8cda6cb7c9bf523e094489/HOCHBAHN_UB_2011-E.pdf?MOD=AJPERES


  3. ^ "Wegen Linientausch: U-Bahnen fahren nicht" (dalam bahasa German). Hamburger Abendblatt. 2009-06-23. Diakses tanggal 2009-08-18. Pemeliharaan CS1: Bahasa yang tidak diketahui (link)


  4. ^ Website U4 project, see external links




Pranala luar |





  • Hamburger Hochbahn official website Operator of the Hamburger U-Bahn


  • Die Geschichte der Hamburger Hochbahn Book by André Loop

  • Current and historical Plans for the U4




Diperoleh dari "https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Hamburg_U-Bahn&oldid=13733088"










Menu navigasi





























(window.RLQ=window.RLQ||[]).push(function()mw.config.set("wgPageParseReport":"limitreport":"cputime":"0.336","walltime":"0.477","ppvisitednodes":"value":900,"limit":1000000,"ppgeneratednodes":"value":0,"limit":1500000,"postexpandincludesize":"value":15019,"limit":2097152,"templateargumentsize":"value":1740,"limit":2097152,"expansiondepth":"value":8,"limit":40,"expensivefunctioncount":"value":0,"limit":500,"unstrip-depth":"value":0,"limit":20,"unstrip-size":"value":25651,"limit":5000000,"entityaccesscount":"value":0,"limit":400,"timingprofile":["100.00% 371.911 1 -total"," 36.74% 136.624 1 Templat:Infobox_Public_transit"," 35.40% 131.650 1 Templat:Infobox"," 19.66% 73.123 1 Templat:Reflist"," 15.20% 56.523 2 Templat:Cite_web"," 11.01% 40.951 9 Templat:Convert"," 6.78% 25.198 1 Templat:RailGauge"," 4.17% 15.512 1 Templat:Commons"," 3.71% 13.796 1 Templat:See_also"," 3.49% 12.972 1 Templat:Sister_project"],"scribunto":"limitreport-timeusage":"value":"0.096","limit":"10.000","limitreport-memusage":"value":4986678,"limit":52428800,"cachereport":"origin":"mw1299","timestamp":"20190409161750","ttl":2592000,"transientcontent":false);mw.config.set("wgBackendResponseTime":151,"wgHostname":"mw1269"););

Popular posts from this blog

Kamusi Yaliyomo Aina za kamusi | Muundo wa kamusi | Faida za kamusi | Dhima ya picha katika kamusi | Marejeo | Tazama pia | Viungo vya nje | UrambazajiKuhusu kamusiGo-SwahiliWiki-KamusiKamusi ya Kiswahili na Kiingerezakuihariri na kuongeza habari

Swift 4 - func physicsWorld not invoked on collision? The Next CEO of Stack OverflowHow to call Objective-C code from Swift#ifdef replacement in the Swift language@selector() in Swift?#pragma mark in Swift?Swift for loop: for index, element in array?dispatch_after - GCD in Swift?Swift Beta performance: sorting arraysSplit a String into an array in Swift?The use of Swift 3 @objc inference in Swift 4 mode is deprecated?How to optimize UITableViewCell, because my UITableView lags

Access current req object everywhere in Node.js ExpressWhy are global variables considered bad practice? (node.js)Using req & res across functionsHow do I get the path to the current script with Node.js?What is Node.js' Connect, Express and “middleware”?Node.js w/ express error handling in callbackHow to access the GET parameters after “?” in Express?Modify Node.js req object parametersAccess “app” variable inside of ExpressJS/ConnectJS middleware?Node.js Express app - request objectAngular Http Module considered middleware?Session variables in ExpressJSAdd properties to the req object in expressjs with Typescript